Teknik Dasar Penyerangan Catur -> newbe


 

Ya.. Gara-gara Main checkmate, yakni pemainan catur online  di Viwawa.com, saya jadi ketagihan juga main catur, biarpun pertama main disana kalah kalah melulu. ya. namanya juga belajar, biar kalah tapi lumayan buat membunuh kebosanan, saya yang masih level satu ini ternyata g’ begitu malu maluin lah main di viwawa.

Ya, perbandingan menang  1 : 3 lah.. Lebih sering kalahnya :D, nah, gara gara ketemu sama master master catur disana, saya ambil kesempatan aja nih, tanya tanya sekalian sama master chess yang kebetulan bermain sama saya, dengan demikian saya juga menambah wawasan dalam bermain catur.

Dimulai dengan Opening, Begitu benyak Cara Opening catur yang dapat kita pelajari, namun apa yang paling mempengaruhi, ini hasil dari beberapa rangkuman wawan cara saya pada master catur, yang kebetulan berasal cina german, dan swedia :

1. Teknik saya, Gunakan Pion(Piece) Pada depan Ratu, Perdana Mentri, Pilihan Terakir Adalah Pion(Piece) didepan raja Raja, mengapa demikian ?, itu adalah titik tengah papan, dimana kita harus memperbanyak membunuh langkah lawan dibagian tengah. kemudian dari sana anda dapat mengembangkan langkah langkah sendiri karena anda mendapatkan beberapa langkah bebas di tengah.

Jika Menggunakan White(putih), maka gunakan saja 2 langkah pada titik awal permainan, itu untuk memberikan jangkauan tambahan, dan membunuh beberapa langkah lawan.

Jika Menggunakan Hitam(black), cukup 1 langkah awal, jika musuh menggunakan 2langkah,hal ini untuk difense(pertahanan). usahakan membongkar formasi lawan pada titik tengah papan. agar kita bisa mendapatkan ruang tambahan untuk bergerak.

2. Pergunakan Piece(Pion) lain untuk defense dan backup(membantu untuk menyerang), jangan sia-siakan langkah piece, atau membuat kesalahan langkah, sehingga kita kehilangan piece, tanpa ada hasil yang setimpal.

3. Selanjutnya gunakan panglima seperti hourse(kuda), minister(mentri), queen(ratu), untuk merusak formasi lawan, korbankan jika kita memang mendapatkan hasil yang setimpal ataupun kita sudah memikirkan nya matang matang.

Screen Shot diatas, hasil permainan saya di viwawa.com, dimana saya sudah mengikuti beberapa saran dari para master diberbagai manca negara ini :D (Kursus Singkat). Formasi Piece diatas sangat membantu dalam difense ataupun untuk attack. langkah ini menurut saya cukup efisien, karena sekarang saya sudah mampu menang di beberapa pertandingan di viwawa.

Kemudian ada beberapa tambahan dari peserta Indonesia  dan negara lainnya :D

1. Korbankan saja yang bisa jika kita dalam posisi yang sama(jumlah pion dan panglima lainnya) tapi kita harus memastikan posisi kita lebih menguntungkan.

2. Berhati hati dengan minister dan kuda, karena bisa menimbulkan serangan tiba tiba, yang biasanya susah diprediksi.

3. Tunggulah lawan membuat kesalahan, perhatikan piece piece atau anak catur lain yang tidak dijaga karena musuh membuat kesalahan langkah, hal ini sangan menguntungkan bagi kita.
dan jangan sampai kita sendiri menciptakan kesalahan dalam langkah.

4. Buat Gertakan, dalam permainan, seperti bunyi pada papan, atau pengalih perhatian disisi lain papan diluar strategi kita, kali ini dalam kasus saya. saya harus sering mengajak lawan main chatting. karena ini adalah permainan online.

7. ini dari negara jerman gan :D paling seneng dengernya “do the best for you”. jadi lakukan bagi kita yang menurut kita menguntungkan.

6. Nah ini satu nasehat yang paling saya suka, ini dari orang China “Jika anda Ingin menang dalam permainan catur, Pastikan anda tidak Kalah”, langkah ini pasti sangat berguna jika kita ingin MENANG :D .

Pagi ini saja saya sudah menang 7 kali dan kalah 2 kali serta 1 kali seri, hal ini disebabkan saya mengikuti langkah langkah para master tersebut.

Tapi jangan senang dulu anda membaca tulisana saya, mungkin itu hanya kebetulan, karena siangnya saya main. eh. lhaaa kuk.. saya dibantai berulang ulang :D dan sedikit mendapatkan kemenangan. Apa ya Yang salah ?

 

About these ads

13 thoughts on “Teknik Dasar Penyerangan Catur -> newbe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s