Pemasangan Antenna Pada Rumah Clien


Setelah beberapa hari ini saya, Johan dan fajar belajar router, mikrotik dan membuat hotspot, maka hari ini pun (19 Juni) kami memasang antena di rumah client. Kami menggunakan antena Flat 18 dBi buatan tangan kami sendiri, adapun alat-alat dan bahan-bahan yang kami gunakan dalam pemasangan antena ini adalah : 1. Antena Flat 18 dBi 2. Radio Access Point Edimax 3. Kabel UTP yang sudah dimodifikasi menjadi POE 4. Tool Kit 5. Laptop 6. SEMANGAT TINGGI ( hehehe🙂 )

 

Pemasangan berjalan lancar tanpa ada halangan yang berarti kecuali panas terik sinar matahari dan listrik mati, tapi tanpa kenal lelah kami tetap melanjutkan pemasangan antena ini. Pemasangan antena ini merupakan proyek ujicoba sebelum melangkah ke proyek yang sebenarnya, yaitu SEAMOLEC 5 KILO PROJECT. Jadi dalam kurun waktu 2 bulan dari sekarang, dalam radius 5 Kilo dari kantor Seamolec harus terkoneksi ke internet semua, khususnya sekolahan. Untuk itu kami saat ini sangat sibuk sekali, sedang menyiapkan presentasi dan data-data yang dibutuhkan untuk mempresentasikan proyek ini. Apalagi tim pelaksana proyek ini hanya 4 orang, yaitu Pak Sindu Irawan sebagai Pimpinan Proyek saya dan kami bertiga. Untuk dokumentasi proses pemasangan antena bisa dilihat di bawah ini :

Berita terkait : Pemasangan Antena Wajan Bolic di Rumah Client

Hari kamis tanggal 12 juni kemarin, gue sama diaz masang antena wajan bolic di rumah client. Sekitar 100 meter dari kantor. Dari atas gentengnya bisa dilihat OMNI nya SEAMOLEC, jadi sangat LOS (Line Of Sight). Namun kami belum melakukan pointing karena tidak adanya tiang untuk menyangga. Jadi kami hanya mengaitkan wajan bolic itu ke tiang cor-coran di atas genteng. Sementara itu, saya langsung mengetest koneksi internet wajan bolic tersebut dengan laptop. Hasilnya cukup memuaskan, tapi masih lebih bagusan lagi jika saat itu sudah ada tiang dengan tinggi kurang lebih 2 meter dari genteng.

Namun, sewaktu kami mencoba dengan PC di rumah client tersebut, masalah baru muncul. Ketika kami sudah mencolokkan kabel USB ke Port USB di PC, koneksinya mati nyala. Kadang-kadang nyala, trus tidak lama kemudian mati.Ternyata sumber masalahnya bukan pada Kabel USB ataupun Wajan Bolicnya. Melainkan port USB yang ada pada PC tersebut. Namun masalah tersebut dapat kami atasi dengan baik dengan cara yang agak aneh. Kami membulet-buletkan kabel UTP nya, trus kami isolasi, eh ternyata bisa. Ternyata, kabel data UTP dan USB tidak boleh didekatkan dengan arus listrik. Nah, pada saat pemasangan ternyata kami mengaitkan kabel UTP ke kotak listrik (sekring). Ternyata itu yang membuat aliran data dari wajan ke PC agak tersendat-sendat. z_z

Pemasangan Antenna Pada Rumah Clien