Pemasangan Titik Untuk SEA-EDUNEt pada SMKN1 – SMKN2 Surabaya


Dengarkan kisahku……….

Pada tangal 31 July 2008, terdengar suara sms masuk yang berasal dari Handphone sang fajar. SMS itu berbunyi suatu perintah yang mentihtahkan untuk saya dan JOHAN pergi ke surabaya, dengan alasan untuk pemasangan beberapa titik SEA-edunet di Surabaya pada tanggal 31.

Perkiraan yang saya ambil adalah bahwa saya dan Johan akan berangkat ke surabaya pada tanggal 31 aguatus. danternyata pada saat saya confirmasi saya harus beranggkat pada hari itu juga yang ternyata paa saat itu adalah tanggal 31 July.
Pukul menunjukkan pukul 01.00 saya belum membeli tiket dan belum mengepak BArang. setelah bersiap siap saya dan johan berangkat dari kanto SEAMOLEC pada puku 04.36 , diamana hari itu sudah terlalu sore untuk naik kereta ekonomi yang murah untik mengirit biaya.
Akirnya setelah 1,5 jam menempuh perjalanan  ke Statiun Gubeng Djakarta.. owww  ternyata disana semua tiket habis… saya pun membeli tiket gumarang tanpa tempat duduk.. karna hanya itu yg tersedia.. akirnya saat itu juga kreta pun datang dan siap bernagkat..

Setelah perjalana jauh 14 jam di kereta. sayapun langsung menuju SMKN1 Surabaya.. SAya mendapatkan tihtah oleh pak JUBAIR, diaman saya harus melanjutkan pointing beliau dimana beliau hanya ,mendapatkan 66 % untuk sinya yang didapat… dari pukul 08.00 sampai 04.00 saya melakukan berbagai cara untuk mendapatkan sinya..tapi tidak kunjung datang juga saya hanya mendapatkan sinyal maksima 67% .

Suara HP pun berbunyi.. yang menyatakan bahawa saya dapat melanjutkan Pointng tersebut besok . setelah saya menyelesaikan pointing di SMKn2 Surabaya.. saya pun mendatangi SMKN 2 dan menemui bapak JARWANTO. dan pak AZLAN. dimana dia adalah orang dari SMKN2 sby yang membantu saya dalam pointing di sana.

AKHIRNAY PROSES di SMKN2 SBY tersebut dimulai. saya dan johan pertama tama yang saya lakukan oleh JOHAN adalah belajar configurasi anntenna yang kebetulann , pada saat itu anntenna yang digunakan adalah antenna otomatis. dimana menggunaka remote untuk mengerakan anteennA secara diagonal saja. tapi untuk arah VErtikal harus secara manual. akhirnya saya memutuskan untuk menuju keatas gedung untuk point annten. saya dan pak azlan akhirnya naik ke atas setelahbeberapa lama diatas, suaara gemuruh adzan sudah mengerola. saya memutuskan untuk istigosah dahulu. dimana pak jarwanto membelikan saya nasi bebek yang wenak tenan.

Akhirnya waktu menunjukkan pukul 07.00 malam. saya memutuskan naik lagi. hanya beberapa saat diatas dan dengan penuh koordianasi dari tim bawah yang memegang remote. sayapun memutarkan kekanan dan kekiri, dengan johan memutarkan ke atas dan ke bawah .. berbagia cara kami tempuh dengan penuh kerjasama. seketika pak jarwanto meneriakkan akang 88, dimana kamipun senang mendengarnya setelah menggerser kanakiri bawah atas dan akhirnya kami menentukan angka 88 adalah angka tertinggi, akhirnay say mengencangkan seluruh baut. danmemutuskan untuk turun.

KOnfigurasi modempun sudah saya lakukan,,, dan download file huggest , proses ini pun hanya berlangsung 5 menit. dimana smkn2 ini sangat beruntung dimana pada saat 2 sebelumnya saya memerlukan waktu 15 menit unutk mendapatkan semua konfigurasi termasuk site id.

Streaming menggunkana VLC pun saya coba. tapi tidak bisa , dimana saya menghubungi pak SANDY, dan ternyata memang vidio yang belum dibroadcast saja di jaringan JARDIKNAS, sehingga tidak ada yng bisa melihat file yang di STREAMINGKAN.

MAs SaNDY pun menghubungi fajar untuk mem-BROADCAST KAN sebuah film , agar bisa mengetest modem. sehiga prises STREAMING untuk hari ini pada SMKN2 berjalan LANCAR>.

Pemasangan Titik Untuk SEA-EDUNEt pada SMKN1 – SMKN2 Surabaya

One thought on “Pemasangan Titik Untuk SEA-EDUNEt pada SMKN1 – SMKN2 Surabaya

Leave a Reply

