Simple C++, for you remember in class


Beberapa Perintah perintah singkat yang saya dapatkan sewaktu mendalami C++, ternyata hampir sama dengan pemprograman lainnya, seperti switch, if, else if,dan for. Namun, sehubung dengan permintaan dari berbagai pihak, kali ini akan saya jelaskan secara singkat,padat dan tak jelas.

Maka, Sekarang Coba Buka ProgramC++ anda, dan lanjutkan langkah langkah berikut.( jangan lupa untuk membuild pekerjaan (alt+f9) anda setiap kali merubah scriptnya/ tulisan, itu digunakan untuk mengecek kesalahan pada tulisan , dan lanjutkan dengan me Run (ctrl+f9) untuk melihat hasil kerjaan anda).

dalam pembuatan C++, kita harus mengunakan Header yang digunakan untuk mengambil beberapa library yang digunakan untuk perintah perintah tertentu.

Tuliskan Perintah Berikut :

#include<stdio.h>  // perintah yang digunakan standart seperti printf

#include<conio.h> //
#include<iostream.h> //

Kemudian Lanjutkan dengan menuliskan main() {} dimana maksut dari main adalah Body dimana letak printah script script kita kita letakkan(penting, jangan menuliskan apapun di sebelum maupun sesudah tanda kurung kurawal { } , harus pada diantaranya), sehingga tampilan akan seperti ini :

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main(){

//letak kita menuliskan Perintah perintah nanti

}

Oke. body sudah dipenuhi,sekarang tinggal kita lakukan beberapa Langkah dasar. seperti menuliskan perintah printf(“”); cout<<“”;getch();( ingat, perintah semacam ini sudah paten, kesalahan pada penulisan huruf besar dan kecil akan menimbulkan kesalahan error yang besar ).
Kedua perintah tersebut memiliki fungsi yang sama. yakni menampilkan tulisan yang ada antara simbol petikdua (“).
Jadi kita contohkan seperti ini :

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main(){
printf(“Fendiaz Cakep, Dituliskan dengan printf \n”);
cout<<“Fendiaz Cakep, Dituliskan dengan cout \n”;

}

kemudian kita Runkan perintah tersebut , (ctrl+f9) apa yang terjadi ??, jendela berwarna hitam muncul dan hilang seketikan, itu dikarenakan proses komputer yang sangat cepat dan langsung mengakiri perintah, jadi apa yang harus kita lakukan, kita hanya cukup menambahkan perintah getch();
sehingga tampilan akan seperti ini :

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main(){
printf(“Fendiaz Cakep, Dituliskan dengan printf \n”);
cout<<“Fendiaz Cakep, Dituliskan dengan cout \n”;
getch();

}

Kemudian Coba kita run, dan taraaaa.. hasilnya adalah, akan muncul kotak hitam, yang bertuliskan kata kata yang kita tuliskan di antara tanda perikdua(“).

//gambar menyusul//

kini kita kupas dulu, mainkan logika kita, jadi bagaimana kalau kita mau menampilkan Nama Kita disana ??… hmm yup benar, kita hanya tinggal memilih salah satu perintah, dan menuliskan/menggantikan nama kita pada antara tanda petik dua tersebut.

Baru Saja Kita membuat tampilan sederhana dari C++ yang bersifat statis. Lalu, Apa yang dimaksut statis ? statis adalah hanya tampilan, dan tidak melakukan interaksi dengan pengguna program, mereka hanya menampilkan tanpa memerlukan inputan ataupun menyediakan pilihan yang menciptakan interaksi dengan program, Lalu bagaimana supaya kita membuat program yang dinamis ? .. Cukup mudah , kita hanya perlu menambahkan perintah perintah inputan, Bagaimana ?.. begini. kita anggap saja kita sebagai anak kecil yang bersifat Interaktif dengan ibunya ( anak sebagai Program dan Ibu sebagai User). ibu ingin menyuruh anaknya pergi kepasar untuk membeli beberapa barang. Namun apa yang ibu harus lakukan agar anak tidak salah membeli barang, dan bagaiman seandainya anak kecil salah dengan perhitungan kembaliannya ?
Solusinya seperti ini ? jika anak kecil yang belum mengetahui Uang, maka si Ibu harus menyiapkan beberapa dompet agar si anak kecil mengetahui betul fungsi dari uang yang ada di dalam dompet tersebut. Contoh, Ibu berkata : dek, dompet yang warna biru isinya Rp 5000 untuk membeli telur, dompet yang berwarna merah isinya Rp 10.000  untuk membeli ikan.
Apa hubungan semua ini dengan dompet?
dompet kali ini kita andaikan sebagai variable, jadi kita harus menyiapkan dahulu variable variable yang kita butuhkan, untuk apa variable tersebut dibuat dan seberapa banyak isi dari variable, serta, kita harus mendevinisikan secara detail, akan diisikan apa dompet itu nanti, semua itu agar mempermudah proses kerja si anak.

Beberapa tipe variable yang ada pada C++ antara lain yang akan kita bahas adalah, interger ( int), charakter (char) , dan nominal desimal (float ). Bagaimana kita mendevinisikan nya ?, jadi seperti ini , sama seperti ibu yang ingin menyuruh anaknya pergi kepasar, ibu tentu tahu apa yang ia suruhkan ke pasar untuk dibeli anaknya, dan benda apa yang anaknya akan bawa pulang. Sama seperti itu kita harus tahu Program apa yang ingin kita buat, variable apa saja yang dibutuhkan dan report(hasil) seperti apa yang kita inginkan.

dan jangan lupa, ibu juga membekali anaknya peta dan catatan , agar si anak tidak tersesat dan agar anak menghafal betul fungsi dari dompet dompet tersebut, peta dan catatan disini kita artikan sebagai rumus, dimana nanti kita akan menhitung berapa ikan yang diberli dan berapa beras yang akan kita beli.(Pahamidulu langkah dari anak kecil, jika masih bingun, bayangkan anda sebagai ibu yang takut anaknya tersesat, maka pasti anda akan membuat catatan yang sangat detail, untuk menghindari anak yang tersesat dan kesalahan yang dapa merugikan si anak kecil ).

MISAL : Jika kita ingin membuat perhitungan Luas Persegi Panjang, apa yang perlu kita lakukan ?, Hmm.. Ayo kita Bahas.
coba tebak, langkah apa saja yang kita butuhkan, berapa variable(dompet) yang kita butuhkan ? dan Rumus(catatan peta) apa yang kita butuhkan ?.

KITA BERANDAI ANDAI, APA RUMUS DARI PERSEGI PANJANG :

LUAS = PANJANG * LEBAR ; //( sebagai catatan si Anak kecil );

Variable apa yang kita butuhkan?,
luas, panjang, dan lebar ; (sebagai dompet)
Jenis variable apa yang Kita pakai ?
interger, mengapa? karena interger adalah variable yang berisikan angka yang dapat di hitung, berbeda dengan karakter yang tidak bisa dihitung.

Kemudian, Apa saja langkah langkanya,
kita bayangkan saat anak kecil berjalan menuju pasar, maka pasti dia akan berinteraksi pada para penjual, nah metode interaksi ini lah yang disebut dinamis. pasti anak kecil akan bertanya pada pedagang, Pak, Telurnya berapa harganya ?, pada program hal itu juga akan terjadi , dimana program komputer akan bertanya pada kita angka berapa yang ingin anda masukkan.
(PAHAMI DULU LANGKAH DI ATAS)

Printah apa yang kita butuhkan  ? yang kita butukan adaah perintah scanf(); atau cin>> ; bagaimana cara melakukannya ?

kalu begitu kita langsung saja membuat program perhitungan luas. dimana pasti programkita akan memintak kita memasukkan nilai alas, dan nilai tinggi, kemudian program akan memproses, dan menampilkan nilai luas persegi panjang.

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main(){
cout<<“\n \n Perhitungan Persegi Panjang “<<endl;  //awal dari perintah ibu
int x,y,z;  // si ibu meniapkan dompet untuk anaknya
cout<<“\n \n Masukkan Nilai Alas   = “;cin>>x ; // anak bertanya ke pdgang
cout<<“\n \n Masukkan Nilai Tinggi = “;cin>>y ; // anak bertanya ke pdgang
z=x*y; // catatan si Ibu yang dibaca anaknya
cout<<“\n \n Luas Persegi Panjang  = “<<z<<endl; // anak kembali ke ibunya

getch(); // perintah untuk menampilkan pause sementara

}

Hmm..sekarang Coba anda RUN (ctrl+f9). amati hasilnya…
Masih bingung, sekarang jadilah anak pandai. baca ulang proses diatas dan bayangkan betul anda sebagai IBUNYA. dimana anda takut akan kesalahan yang terjadi pada anak, dan seberapa besar logika anda untuk melindungi anak anda, dan sebesar apa penjelasan anda pada anak nanti, sehingga anak dapat menjalakan programnya dengan baik, dan orang orang yang berinteraksi dengan si anak adalah user, sehingga user dapat mengggunakan program kita dengan baik.

Penjelasan
\n :digunakan untuk ganti pada baris selanjutnya.
cout<<“diaz”;
:digunakan untuk menampilakan tulisan
cin>>x>>endl;
:digunakan untuk mengisikan variable x dengan nilai tertentu

Writer : vendiaz_cossin@yahoo.com
21 Oktober 09

Simple C++, for you remember in class

One thought on “Simple C++, for you remember in class

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s