Mengapa Sie Harus Puasa ? -_-


Apakah puasa ini hanya untuk berlapar-dahaga ?
Atau hanya untuk menurunkan berat badan?
Ternayata ada penjelasan logis dari sisi kedokteran yang menjelaskan mengapa manusia butuh puasa. Misalnya seperti yang telah dijelaskan pada tulisan terdahulu, Penelitian Ilmiah Tentang Puasa. Ada pula penjelasan ilmiah lain, diantaranya dari tulisan Dr. Husen A. Bajry, M.D., Ph.D. dalam bukunya TUBUH ANDA ADALAH DOKTER YANG TERBAIK. Berikut ini adalah pemaparan beliau:
Mengapa Manusia Butuh Puasa?
Di zaman modern dan serba instan seperti sekarang ini kita tak akan pernah luput dari racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Begitu banyak racun sehingga kita tidak sadar bahwa makan yang kita berikan kepada anak-anak kita semenjak dia kecil banyak sekali banyak sekali yang mengandung toksik/racun. Begitu banyak perasa, pewarna, atauapun pengawet yang terkandung pada makanan mereka melebihi batas ambang toleransi. Tidak heran jika di usia kita seperti sekarang ini sudah tak terhingga jumlahnya. Bagaimana mungkin kita akan sehat jika di dalam tubuh kita terdapat banyak sekali toksik atau racun?
Ingat!!! Semua penyakit baik yang akut maupun yang sudah kronis berawal dari akumulasi racun atau toksik serta sampah hasil metabolisme tubuh. Penyakit timbul karena penumpukan toksin dalam tubuh yang sudah melewati batas toleransi. Bagaimana caranya agar kita bisa menyembuhkan tubuh kita yang sakit akibat bertumpuknya toksik dalam tubuh kita? Tentu penyembuhannya dengan mengeluarkan zat yang “meracuni” tubuh (detoks), cara yang terbaik adalah dengan berpuasa.

“FASTING DOES NOT CURE ANY DISEASE, BUT PROVIDES AN OPPORTUNITY TO THE BODY TO HEAL ITSELF.”

Walaupun banyak teori yang mengatakan bahwa puasa mampu mengobati berbagai penyakit, sebenarnya bukan puasa yang mengobati penyakit, akan tetapi puasa memberikan kesempatan pada tubuh untuk beristirahat dari rutinitas pekerjaan mengolah makanan dan minuman yang biasanya. Sehingga energi yang biasa digunakan oleh tubuh dalam bekerja mengolah makanan, ketika puasa akan digunakan untuk melakukan perbaikan-perbaikan kerusakan tubuh. Itulah sebabnya kenapa puasa mampu mengobati berbagai penyakit kronis.
Saat berpuasa, tubuh mengalami detoksifikasi secara alami. Tidak adanya makanan yang biasa masuk ke dalam lambung, membuat organ-organ tubuh seperti hati dan limpa ‘membersihkan diri’. Racun-racun yang dibuang pun 10 kali lebih banyak. Karena racun yang dikeluarkan lebih banyak dari biasanya, maka proses penuaan pun bisa dihambat untuk sementara. Itulah sebabnya bila kita melakukan puasa dengan benar, wajah kita tampak lebih berseri.

“PARA AHLI DI BARAT MEYAKINI BAHWA ADA MATA RANTAI YANG HILANG PADA POLA MAKAN MANUSIA MODERN SAAT INI YAITU BERPUASA.”

Sejarah
Telah berabad-abad yang lalu manusia mengenal dan mulai menjalani puasa. Mereka melakukannya dengan alasan kesehatan dan penyucian jiwa. Bahkan, Plato maupun Socrates pun konon selalu membiasakan diri berpuasa sepuluh hari dalam setiap bulannya. Alasannya, menurut mereka, sebagai ekspresi penyucian pikiran.

Ibnu Sina (980-1037 M), seorang dokter Muslim kenamaan pada masanya, menerapkan konsep puasa untuk pasien-pasiennya. Ia selalu mengharuskan setiap pasien yang datang kepadanya untuk berpuasa selama tiga minggu. Bagi Ibnu Sina puasa merupakan terapi efektif dan murah-meriah dalam menyembuhkan penyakit pasien-pasiennya. Lebih jauh ia mengatakan:

“FASTING WAS GOOD TO TREAT SINILE DISEASE”
“PUASA SANGAT BAIK UNTUK MENGOBATI BERBAGAI PENYAKIT KRONIS” (Ibnu Sina)

Bahkan, di jaman modern sekarang ini, seorang dokter speialis penyakit kulit dan kelamin asal Amerika, Dr. Robert Partolo, berpendapat bahwa tradisi mengosongkan perut dan menahan hawa nafsu, ternyata setelah diterapkan kepada pasien-pasiennya merupakan terapi mujarab dalam memberantas bakteri sifilis yang terkandung di dalam tubuh mereka. Dengan berpuasa, bakteri tersebut akan digantikan dengan zat-zat yang menyehatkan. Begitu pula dokter lain, Dr. Bernard Mackpadan, yang juga pakar biologi berkebangsaan Amerika bahkan meyakini puasa merupakan cara jitu dalam memberantas setiap penyakit yang tidak bisa disembuhkan terapi yang lain.

Dr. Edward Devi dari Amerika Serikat mengatakan “makan dikala sakit, persis seperti kita memberi makan agar penyakit semakin kuat”. Sedangkan Dr. Shelton dari Amerika Serikat mengatakan “Semakin banyak kita memberi makan orang sakit, maka kita membuat dia semakin sakit”.

N/B: yg dimksud adlh mkan mkanan yg tercemar bahan kimia, pestisida, polusi, dsb.
Makanan organik adalah pilihan makanan yang tepat untuk orang sehat maupun sakit.

Mengapa Sie Harus Puasa ? -_-

One thought on “Mengapa Sie Harus Puasa ? -_-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s