Meningkatkan Kecepatan Website ( dari sisi mata programmer )


Kebetulan website yang saya handle kali ini berbasis WordPress, sehingga seharusnya CMS yang satu ini mempunyai performa yang baik dalam kecepatan. namun setelah lama meneliti ternyata wordpress ternyata bisa memberikan pageload (kecepatan) yang lama jika mempunyai kesalahan dalam themes (template), akhirnya saya check secara keseluruhan untuk meningkatnya performa website tadi. sehingga kecepatan webstite meningkat sekitar 1/2 dari pageload yang pertama.

Website Percormance

Berikut yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan performa website diliha dari sisi mata programmer.

PERHATIKAN PERFORMA WEB SERVER / WEBHOSTING

“mari bijak dalam memilih webhosting, gunakan webhosting yang berkualitas, jangan terdorong dengan harga murah.”

Bagi saya Hal pertama yang harus dipastikan untuk meningkatkan pageload website ada pada sisi SERVER, kenapa ? karena server atau hosting yang baik berpengaruh besar pada pageload website, logika cara simple sederhana untuk mengetahui kecepatan server adalah dengan cara save as website kita, kemudian upload pada ftp dengan menambahkan folder, kemudian hitung menggunakan tools respon server halaman html yang kita save tadi. contoh : kita buka website http://www.spireresearch.com pada browser, kemudian kita save as, dan kita upload pada web hosting menjadi http://www.spireresearch.com/untuktest/index.html, kemudian kita test menggunakan tools gtmetrix.com , google speed inside, tools.pingdom.com atau banyak tools yang lain, teliti hasil dari test menggunakan tools tadi, jika respond servernya jelek, jadi anda harus siap siap migrasi dari web hosting anda.

TELITI SAAT MEMBUAT / MENENTUKAN THEMES ( CUSTOMIZE THEMES )

Mungkin untuk yang satu ini tidak semua menggunakan customize themes atau membuat sendiri themesnya, namun jika anda membuat sendiri themes yang anda buat, pastikan tidak ada looping yang berlebihan atau coba lebih eficient dalam wp_query module mysql yang anda gunakan,

Contoh : jika anda ingin menampilkan catagory berita, pastikan anda membatasi mysql querynya, karena proces load pada database mempengaruhi server respond :

Code yang salah :

$query = new WP_Query( array ( ‘orderby’ => ‘title’, ‘order’ => ‘DESC’ ) );
Code yang benar :
$query = new WP_Query( array ( ‘orderby’ => ‘title’, ‘posts_per_page’ => ‘5’ , ‘post_type’ => ‘pages’,’order’ => ‘DESC’) );

hal ini mengurangi proses pemikiran server, jika kita tidak membatasi post_per_page, bayangkan query pada MYSQL akan melakukan cek pada table database secara keseluruhan baru dia memberikan hasil querynya. bagaimana jika kita mempunyai jutaan record didalamnya ?
GUNAKAN CACHE PLUGIN

tidak diragunakan lagi kini banyak plugin plugin cache yang dibuat untuk mempercepat pageload pada website, namun sebenarnya banyak perhitungan sebelum kita menggunakan cache pada website kita, untuk website yang bersifat dinamis dalam data, dan mempunyai banyak update data sepanjang hari, tidak disarankan mengunakan cache plugin ini, namun jika jarang update data kita bisa mengistall cache plugin ini kita bisa membatasi dengan seting cache header expired pada 36000 sehingga tidak menggangu postingan postingan baru yang hadir.
referensi cache plugin adalah W3TC atau Quick Cache, jika ingin settingan lebih anda bisa menggunakan W3TC karena banyak menu didalamnya, sebaliknya jika kita awam dalam hal ini kita bisa menggunkana Quick Cache.

GUNAKAN CDN ( CONTENT DELIVERY NETWORK )

gambaran secara kasar penggunaan CDN ada pada gambar dibawah ini :

CDN mempermudah pengunjung untuk mengambil content seperti gambar, video, bahkan content seperti javascript (outsite) dan css. CDN dengan systemnya membuat cache pada server server yang tersebar diseluruh dunia, kemudian saat ada pengunjung yang membuka website kita, maka CDN akan memperhitungkan server mana yang terdekat sehingga user dapat mengambil data dengan cepat ( hal ini dipengaruhi juga server mana terdekat ) sehingga pengunjung tidak sepenuhnya menunggu data dari server kita, tentu hal ini akan mengurangin dalam waktu server respon.
referensi CDN adalah CLOUDFLARE karena gratis sehingga anda tidak perlu sungkan untuk mencoba

UPDATE MYSQL DAN APACHE

tidak menutup kemungkinan MYSQL dan APACHE update mempunyai bug, sehingga anda harus berpikir ulang jika ingin mencoba yang satu ini, hal ini biasanya juga harus di cek pada webhosting anda, jika anda menggunakan server sendiri atau VPS, jangan sungkan untuk mengupdatenya. karena MYSQL dan APACHE sendiri sudah melakukan ujicoba berkala sebelum menerbitkan update terbarunya.

Meningkatkan Kecepatan Website ( dari sisi mata programmer )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s