WordPress always ask to upgrade your database


WordPress always ask to upgrade your database
Wordpress meminta untuk update database

database_update_

Sering bagi pengguna CMS melakukan update pada websitenya, terutama bagi pengguna CMS WordPress, update CMS memang dibutuhkan, selain menutupi kekurangan pada system, juga menambah keamanan securti admin,untuk itu tentu kita tidak mau kan website kita di acak oleh orang lain.

namun, tidak semua update itu berhasil dengan baik, contoh, sekarang wordpress sudah sampai pada versi 4.01, dimana banyak perubahan security update disana, namun sebelumnya saya menggunakan versi tidak jauh sebelumnya yakni 3.8.5,

Saat saya update CMS wordpress saya, ternyata ada beberapa Plugin yang tidak berfungsi dengan baik, akhirnya saya memutuskan untuk Downgrade saja, Nah, permasalahan utama muncul, setelah saya melakukan restore dari data sebelum saya update (Penting !! backup semua source dan semua database sebelum anda update ).

permintaan untuk update pada database saya muncul berulang ulang, meskipun sudah saya update, entah dari mana segi salahnya karena logikanya harusnya semua sama karena menggunakan data dan source yang lama,

untuk itu saya cek keseluruhan sisi website, baris perbaris, dan browsing di google page per page.

akhirnya saya menemukan ketidak serasian naming database seri pada source option di source dan database, cara mengatasi “WordPress meminta untuk update database” ada pada database dan version.php

Langkah pertama  :

Buka “wp-includes/version.php”
kemudian cari variable berikut dan catat isi valuenya.

$wp_db_version = 18226;

Langkah kedua :

Masuk pada PHPMYADMIN, yakni databasenya dan masuk pada tabel wp_options,
cari db_version pada kolom option name, kemudian cocokkan option value record tersebut, atau jalan kan script ini jika anda kesusahan mencari :

select * from wp_options where `option_name` like '%version%';

oke, inti dari dua langkah diatas adalah kecocokan seri db pada file dan database tersebut, anda bisa mengganti pada version.php atau mengganti pada databasenya.

 

WordPress always ask to upgrade your database

Leave a Reply

