Memindahkan data dari satu cloud storage ke cloud storage lain dengan mover.io


moverioPenggunaan cloud storage saat ini semakin canggih dengan didukungnya layanan cloud storge oleh raksasa IT di diunia, seperti google dan microsoft yang membesut skydrive / onedrive.

sampai saat ini saya masih mempercayakan layanan cloud storage saya kepada onedrive besutan microsoft ini, karena mempunya free storage yang mumpuni ditambahkan lagi dengan tambahan 1 Terabyte yang saya dapat dari microsoft office 365, serasa ini storage memang cukup besar untuk pengguna layanan storage yang berbasis bisnis.

namun waktu terus berjalan dan persaingan semakin ketat, ketika saya menuliskan artikel ini saya sepenuhnya mensycronisekan semua device saya kepada onedirve besutan microsoft ini, dari handphone, notebook kantor, hinggga notebok personal, plus PC dirumah, semua aplikasi mensycnkan semua file dan folder yang saya tujukan untuk dibackup, termasuk dengan foto yang ada pada handphone saya, setelah terus bersync ria, akhirnya saya merasakan bahwa membackup foto handphone ke onedrive microsoft adalah suatu pemborosan, dikarenakan meskipun berkapasitas besar, tapi tetap saja layanan ini berbayar. membandingkan dengan feature google foto pada google drive yang dirilis dengan google plus, onedrive masih kalah jauh, karena google foto pada google plus ini bersifat free, dan unlimeted.

akhirnya saya memutuskan untuk migrasi folder foto pada onedrive ke google foto pada google plus, hm, agak ribet memang, foto yang terbackup dari handphone mempunyai kapasitas bergiga giga, harus dipindahkan ke google plus, namun demi efisiensi storage, saya harus merelakan waktu untuk melakukan migrasi ini, akhirnya setelah browsing browsing ada tools yang dapat memudahkan melakukan migrasi ini.

Mover.io

adalah aplikasi berbasis web yang dapat mengcopy secara menyeluruh sesuai dengan target cloud storage yang dituju, aplikasi ini dapat memindahkan data file dari satu cloud storage ke cloude storage lainnya. untuk pengguna free atau personal aplikasi ini mendukung box cloud, copy cloud, dropbox cloud, google drive, onedrive, dan yandex cloud storage. Untuk pengguna bisni, aplikasi ini mendukung amazon s3, box enterprise, dropbox for business, engyte, ftp, google drive for business, greenloud, hightail, media temple,
onedrive for business, rackspace, sftp, sharepoint, smugmug, sugarsync dan webdav.

caranyapun cukup mudah, anda hanya perlu mendaftar pada mover.io, dan anda dapat langsung menggunakan aplikasi ini, dengan memilih cloud storage yang ingin ditrasfer.

Memindahkan data dari satu cloud storage ke cloud storage lain dengan mover.io

Leave a Reply

