Mengenal ReadyBoost – Menggunakan Flashdisk Sebagai RAM Tambahan.


Readyboost

ReadyBoost adalah sebuah fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows Vista, Windows Server 2008, dan Windows 7. Fitur ini bisa bekerja dengan menggunakan flash memory, drive USB 2.0, kartu memori Secure Digital (SD), CompactFlash, atau media penyimpanan massal lainnya yang berbasis flash memory untuk digunakan sebagai disk cache.

Setelah mencoba Sebuah sistem komputer dengan RAM berkapasitas 512 MiB (spesifikasi minimum untuk Windows Vista) dapat memperoleh performa yang cukup signifikan dengan menggunakan fitur ReadyBoost ini. Dalam sebuah kasus pengetesan, ReadyBoost dapat mempercepat operasi dari 11,7 detik menjadi hanya 2 detik (Sebagai perbandingan, meningkatkan memori fisik dari 512 MiB menjadi 1 GiB dapat menguranginya hingga 0.8 detik).

Performa dalam laptop

Dalam komputer laptop, performa memang lebih terasa menggunakan memori flash, harga memori laptop relatif lebih tinggi ketimbang sistem desktop, dan juga karena kebanyakan laptop menggunakan hard disk dengan putaran piringan 4200rpm atau 5400rpm yang agak lambat. Selain itu, pada laptop, fungsi caching yang ditawarkan oleh ReadyBoost dapat mengurangi akses hard disk, sehingga mengizinkan hard disk untuk mengurangi putaran untuk menghemat umur baterai. Lebih jauh lagi, karena memang manajemen daya pada umumnya diaktifkan pada komputer laptop saat digunakan untuk mobilitas, maka ReadyBoost menjadi sebuah cara yang lebih efisien untuk mengingkatkan produktifitas dari perangkat tersebut.

Performa dari NAND flash caching (dalam bentuk teknologi Intel Turbo Memory) juga banyak dipertanyakan oleh beberapa manufaktur komputer. Menurut sebuah review online, Turbo Memory memang menghasilkan sebuah performa yang lebih tinggi atau usia baterai yang lebih lama, tapi Turbo Memory menambahkan rata-rata 100 US$ kepada harga dari sebuah laptop.

Sebelum Windows Vista Service Pack 1 (SP1), ReadyBoost sangat kurang efektif saat komputer ditaruh dalam kondisi sleep. ReadyBoost gagal untuk mengenali data yang terdapat di dalam cache dan memulai ulang proses caching saat kembali dari modus sleep tersebut. Untungnya Vista Service Pack 1 telah menyelesaikan masalah ini.

Jadi jangan ragu menggunakan flashdisk anda sebagai ReadyBoost, atau tambahan memory.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/ReadyBoost

Mengenal ReadyBoost – Menggunakan Flashdisk Sebagai RAM Tambahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s