Pengaplikasian Online Survey


Pandangan Awal Online Survey

Dengan semakin bertambah kemampuan Internet dalam menampilkan tampilan yang menarik dan kecepatan yang semakin tinggi, maka semakin banyak orang menjadikan Internet tidak hanya untuk mencari informasi tetapi juga sarana untuk berbagi, dengan bermunculannya forum forum mengenai hal sehari hari dan berkembangnya media social saat ini. Berdasarkan penelitian, pengguna internet di Indonesia mencapat 63 Juta orang yang belum di bagikan terhadap segment tertentu.

Kondisi di atas telah menjadikan Internet sebagai media kontak antar manusia di dunia ini, sehingga Internet memunculkan komunitas- komunitas maya, yaitu warga Negara dunia maya yang melakukan berbagai hubungan dan transaksi secara online. Dari sisi ilmu penelitian, Internet memberikan sumbangan yang sangat besar, terutama berkaitan dengan pengurangan personil untuk pengambilan data, biaya untuk mengurangi perjalanan fisik dan waktu. Disamping server-server yang menyediakan data sekunder, maka komunitas-komunitas dunia maya  merupakan sumber penyedia responden untuk mencapatkan data primer dengan lebih cepat, mudah dan biaya lebih murah.

“N” Sasaran Online Survey

Makna Jumlah (N) pada online survey memang sedikit luas, berdasarkan dari sebuah survey apa yang dijalankan, Jumlah (N) menyesuaikan dari maksut dan tujuan sebuah survey online tersebut.

Online survey bisa dilakukan pada segment kecil, dimana jumlah (N) sudah ditentukan, biasanya survey online ini dilakukan apa bila kita sudah tau siapa saja yang akan mengisi online survey tersebut, sebenarnya online survey ini hanya pengganti survey konfensional yang berbasis paper base.

Contoh : Survey online pada sebuah divisi perusahaan, Survey Online pada suatu perusahaan.

Tidak hanya  berpatokan pada Online survey di segment kecil, kita bisa melakukan online survey pada segment besar, seperti survey online pada responden bank, pengguna e-commerce, pengguna sabun cuci, dan lainya. Dimana jumlah (N) pada segment ini susah dikontrol, seperti siapa saja yang sudah mengisi, siapa saja yang belom mengisi, dan SIAPA YANG MAU MENGISI ? dikarenakan memang mengisi online survey tidak bisa dipungkiri menghabiskan waktu.

Tentu membutuhkan strategi dalam penyebaran online survey ini. dikarenakan jumlah (N) bisa sangat diluar ekspetasi kita, bisa jauh lebih kecil dari Jumlah (N) atau bahkan jauh lebih banyak. Selain itu perhitungan lain yang harus dipikirkan sebelum melakukan survey online pada segment ini antara lain seperti waktu deadline, siapa sasaran respondennya, dan jangan lupa juga mengenai kapasitas server ( source yang digunakan, database, processor server, dll. ), dan  topology jaringan yang digunakan.

Tujuan Online Survey

Jumlah (N) Responden, Bisa dikatakan tujuan utama dari penggunaan survey online adalah mendapatkan responden sebanyak banyaknya yang dikelompokan dari beberapat sementasi tertentu, dengan dilakukannya survey pada media online, maka survey online bias dilakukan oleh siapapun, dan dimanaput tanpa terbatas letak geografis, sehingga dapat dengan mudah mendapatkan jumlah responden sesuai dengan (N) yang ditentukan.

Namun apa bisa dipastikan kita bisa mendapatkan jumlah (N) yang di inginkan ? kembali lagi pada ketertarikan masyarakat pada online survey, dan pendekatan persuasif yang kita lakukan pada responden, kita bisa saja langsung mengaktifkan online survey, namun kita juga harus memastikan online survey kita dikunjungi oleh orang yang tepat, tentu sesuai dengan jadwal deadline yang kita tentukan.

Bagaimana strategi mendapatkan jumlah (N) yang di inginkan ?

Kembali lagi pada dunia online, layaknya mempromosikan sebuah website, kali ini strategi SEO dibutukan. entah membuat team media social khusus yang mempostkan online survey, hinggal membayar iklan ads Google yang mempromosikan Survey online kita, tentu semua disesuaikan lagi dengan Badget yang ada. namun cara efekti yang bisa dilakukan yakni dengan  pendekatan secara persuasif tadi, dimana online survey bisa diberikan dan dilakukan kepada kenalan kenalan terdekat terdahulu untuk diisi, kemudian minta  tolong untuk disebarkan keteman teman mereka😀

Manfaat dan Kekurangan Online Survey

Manfaat :
Jumlah (N) Tidak terbatas, Paperless, Data Realtime, hemat waktu dan biaya,

Kekurangan :
Terbatas atas pembagian katagory Responden, sedikit susah dalam pelaksanaan QC.

Memulai Online Survey.

Memuali online survey bisa dilakukan dengan beberapa tahapan :

1. Perumusan masalah dan tujuannya
2. Penentuan bahasa pemrograman yang akan digunakan untuk membuat formulir
3. Pembuatan kuesioner untuk mengambil data
4. Pemilihan calon responden
5. Penyampaian kuesioner pada responden
6. Penentuan lokasi penyimpanan data jawaban responden
7. Penganalisaan data
8. Penampilan hasil penelitian secara bertahap (progress report)
9. Diseminasi hasil penelitian akhir

Jika anda sudah menetukan bentuk dari kuesioner anda, maka anda sudah bisa melakukan online survey dengan system yang sudah ada, seperti SurveyMonkey Jakpad, dan banyak lagi fasilitas online survey yang berbayar, atau kita juga bisa menggunakan yang berbasis Opensource yang bisa di install pada server kita sendiri seperti LimeSurvey.

Kesimpulan

Pada dasarnya melakukan penelitian di Internet dengan penelitian di lapangan strategi, prosedur dan tahapannya sama. Perbedaan utama terletak pada cara teknik sampling, penyampaian kuesioner dan pengambilan data. Pada penelitian di lapangan kuesioner disampaikan dengan cara pribadi ke pribadi oleh surveyor atau melalui surat pos; sedang di Internet disampaikan dengan cara mengirim email atau dengan web site. Kerangka sampling pada penelitian lapangan menggunakan buku telepon atau daftar alamat lainnya; sementara di Internet, kerangka samplingnya menggunakan alamat email atau database yang menyediakan sumber responden secara online.

Pengaplikasian Online Survey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s